Mustafa Kamal, 261121436 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas VIII SMPN 1 Manggeng. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Mustafa Kamal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (222kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan umum pengajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 1 Manggeng tergolong rendah. Oleh karena itu, banyak upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memotivasi belajar siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam menyelesaikan soal cerita di kelas VIII SMPN 1 Manggeng, 2). untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment dengan design pretest-postest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Manggeng yang terdiri dari empat kelas dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas 〖VIII〗_3 dan 〖VIII〗_4. Teknik pengambilan sampel yaitu secara purposif sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan postest. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 11,40>1.72 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 2,91>1,67 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang diajarkan tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Paie-Share.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd 2. Novi Trina Sari, S.Pd.I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mustafa Kamal |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 13:46 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 13:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5486 |