Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar pada Materi Gerak Lurus

Yulidar, 251324516 (2018) Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar pada Materi Gerak Lurus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Membahas tentang Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis]
Preview
Text (Membahas tentang Membahas tentang Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis)
Yulidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (769kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari rata-rata nilai ulangan harian materi gerak lurus kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar berkisar 50. Penyebabnya karena kurangnya penggunaan LKPD dan isinyapun masih banyak menyajikan rumus yang bersifat abstrak, tampilan yang kurang menarik dari segi materi, gambar, soal, warna, dan tulisan yang membuat peserta didik merasa jenuh sehingga mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh LKPD berbasis komik didaktis terhadap hasil belajar, dan respon peserta didik kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan quasi experimental, dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan pemilihan sampel dengan teknik purpose sampling. Sampel penelitian ini kelas eksperimen VIII-1 berjumlah 24 orang dan kelas kontrol VIII-2 berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket respon. Analisis data menggunakan uji-t dan data angket respon dianalisis menggunakan deskriptif (persentase). Hasil belajar kelas eksperimen pre-test 40,20 dan post-test 78,34. Sedangkan kelas kontrol pretes 39,33 dan post-test 66,19. Respon positif peserta didik diperoleh sangat setuju 45,14%, setuju 43,05%, tidak setuju 11,12%, sangat tidak setuju 0,69% dan negatif sangat setuju 4,85%, setuju 13,16%, tidak setuju 40,38%, sangat tidak setuju 41,68%. Kesimpulan dari data tersebut bahwa adanya pengaruh penggunaan LKPD berbasis komik didaktis terhadap hasil belajar peserta didik dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nur Aida, M. Si 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD, Komik Didaktis, Hasil Belajar, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yulidar
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:43
Last Modified: 15 Oct 2018 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item
View Item