Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) terahadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa di MTsS di Lam Ujong Aceh Besar

Nurfazillah, 281223120 (2018) Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) terahadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa di MTsS di Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)]
Preview
Text (Membahas tentang Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd))
Nurfazillah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)]
Preview
Text (Membahas tentang Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaan biologi di MTsS Lam Ujong Aceh Besar masih belum bisa mengfokuskan masalah yang diberikan oleh guru, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang diajakan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan memadukan antara model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah pemanfaatan LKPD Berbasis PBL Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan dikelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental Design yaitu OneGroup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar yang terdiri atas 5 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII4 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes untuk mengetahui keterampilan berfikir kritis. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama kategoro aktif (67,85%) dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua sangat aktif (82,14%). Hasil analisis data keterampilan berpikir kritis sebelum perlakuan adalah kurang kritis (36,9%) dan mengalami peningkatan menjadi sangat kritis (80,65%) setelah diberi perlakuan. Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Wati Oviana, M.Pd 2.Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis siswa, Pencemaran lingkungan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL) ‎
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurfazillah
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:42
Last Modified: 05 Dec 2018 08:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5528

Actions (login required)

View Item
View Item