Bidril Muttaqin, 201223474 (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery learning Siswa Kelas IV MIN 18 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Bidril Muttaqin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (560kB) | Preview
Abstract
Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN 18 Aceh Selatan dikelas IV, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 18 AcehSelatan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 18 Aceh Selatan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I sebesar 3,72 dan siklus II sebesar 4,44, (2).Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,36 dan siklus II sebesar 4,36. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Discovery Learning mengarahkan siswa belajar secara aktif dan saling bekerja sama. Sehingga, siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. (3)hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dan individual. Hal ini dikarenakan penggunaan model Discovery learning telah melibatkan siswa belajar secara aktif dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Pada siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 72,32. Pada siklus II nilai rata-rata siswa tercapai sebesar 83,75.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. M. Nasir Budiman, MA 2. Daniah, S. Si, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar siswa dengan Model Discovery Learning |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Bidril Muttaqin |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 07:31 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 07:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5537 |