Pengembangan Buku Mulakhas Qawa’id Al-lughah Al-‘Arabiyah pada Pembelajaran Mubtada’ dan Khabar

Rachmawaty, 140202155 (2018) Pengembangan Buku Mulakhas Qawa’id Al-lughah Al-‘Arabiyah pada Pembelajaran Mubtada’ dan Khabar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Buku]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Buku)
Rachmawaty.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Buku]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Buku)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengamati bahwasanya mahasiswa baru merupakan pelajar dasar di tingkat perguruan tinggi, hendaknya mereka memiliki pemahaman yang baik tentang pembelajaran mubtada’ dan khabar agar memudahkan mereka dalam mencapai pembelajaran qawa’id lainnya. Namun, peneliti menemukan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa baru prodi PBA FTK UIN Ar-Raniry dalam mempelajari qawa’id bahasa Arab, khususnya dalam materi mubtada’ dan khabar, seperti membuat contoh ketika diminta oleh pengajar dan dalam mengi’rab kalimat. Pembelajaran Qawa’id berpegang pada buku-buku yang beragam diantaranya buku Mulakhas Qawa’id Al-lughah Al-‘Arabiyah. Peneliti menjelaskan kelebihan dan kekurangan buku ini, adapun kelebihan buku terletak pada penjelasan yang jelas dan lengkap seputar qawa’id nahwu dan sharaf dari yang umum sampai yang khusus. namun, peneliti menemukan kekurangan buku ini terletak pada bentuk penulisanya yang kurang menarik, tidak adanya warna dan gambar penjelas menyebabkan kesulitan pelajar dalam memahami dan kebosanan ketika membacanya. berdasarkan keterangan diatas, peneliti ingin membantu mahasiswa baru untuk memahaminya dan mendalami materi Mubtada’ dan Khabar dalam pembelajaran Qawa’id dengan mengembangkan buku Mulkhas. Adapun tujuan penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan buku Mulakhas Qawa’id Al-Lughah Al-‘Arabiyyah pada pembelajaran Mubtada’ dan Khabar serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku Mulakhas Qawa’id Al-Lughah Al-‘Arabiyyah yang telah dikembangkan pada pembelajaran mubtada’ dan khabar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan tes. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dan kuantitatif, adapun populasi pada penelitian ini ialah seluruh mahasiswa/i baru (semester 2) prodi PBA FTK UIN Ar-Raniry, dan cara pengambilan sampel yang dipilih oleh peneliti yaitu metode acak (Random Sampling), peneliti mengambil 10 % dari populasi yaitu 15 mahasiswa. Peneliti menganalisa uji T demi memperoleh pengaruhnya. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan buku Mulakhas Qawa’id Al-Lughah Al-‘Arabiyyah yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari Mubtada’ dan Khabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mukhlisah, MA 2. Fadillah,S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Mulakhas Qawa’id Al-lughah Al-‘Arabiyah , Pembelajaran Mubtada’ dan Khabar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rachmawaty -
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:37
Last Modified: 18 Oct 2018 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item
View Item