Syahrizal, 201325132 (2018) Penerapan Metode Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Meningkatkan Pembelajaran Tematik Tema Sehat itu Penting di Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Syahrizal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (658kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru serta menguji metode Discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini di lakukan pada MIN 3 Aceh Besar. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Quasi Eksperimental Design serta rancangan penelitian pretest, treatment dan posttest. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar, dan pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan soal tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata dari postest kelas eksperimen yaitu x ̅ = 79,59 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol x ̅ = 71,75, serta persentase kemampuan guru dalam mengajar yaitu 91,3 %. Hasil analisis uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,27 > 1,67. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru sangat baik, dan metode Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MIN 3 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Jailani, M.Ag 2. Darmiah, MA |
Uncontrolled Keywords: | Metode Discovery, Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahrizal Daud |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 04:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 04:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5551 |