Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Dididk pada Materi Fluida Statis Kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji

Fazil Indra Permana, 251324484 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Dididk pada Materi Fluida Statis Kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Fazil Indra Permana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (904kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh beberapa hal, diantaranyakarena pembelajaran yang dilaksanakan di kelas masih kurang efektif dan efisien,proses pembelajaran sering berorientasi pada pendidik, sehinggapeserta didikkurang termotivasidalam mengikuti pembelajaran. Penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji, 2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik di kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji, 3) Untuk mengetahui respon peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournamentsterhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMA Negeri 1 Labuhanhaji.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dari data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakanUji-t,hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 1,82>1,68. Selain itu, melalui model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament aktivitas peserta didik lebih meningkat dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dapat berpengaruh terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X SMAN 1 Labuhanhaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Khairiah Syahabuddin, MHScESL., M. TESOL., Ph. D; 2. Fitriyawany, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fazil Indra Permana
Date Deposited: 30 Oct 2018 15:44
Last Modified: 30 Oct 2018 15:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item
View Item