Sistem Promosi Madu Gampong Buloh Seuma Aceh Selatan

Julianti, 140401132 (2018) Sistem Promosi Madu Gampong Buloh Seuma Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Membahas tentang Sistem Promosi Madu]
Preview
Text (Membahas tentang Sistem Promosi Madu)
Julianti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Sistem Promosi Madu]
Preview
Text (Membahas tentang Sistem Promosi Madu)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Madu adalah bahan makanan sumber energi yang mengandung gula-gula sederhana sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh tubuh. Sistem pengemasan madu di desa ini masih menggunakan botol minuman segar, jarken, dan kemasan lainnya untuk membungkus madu dan dipasarkan ke luar. Keadaan demikian dapat mengurangi kepercayaan petani terhadap madu Buloh Seuma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem promosi yang digunakan petani madu Gampong Buloh Seuma Aceh Selatan, untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi petani madu Gampong Buloh Seuma Aceh Selatan dalam proses promosi madu. Penelitian ini dilaksanakan di gampong Buloh Seuma pada tanggal 11 Juni 2018. Jenis penelitian ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, factual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem promosi madu pada Gampong Buloh Seuma masih menggunakan sistem promosi tradisional artinya belum menggunakan sumber komersial (iklan, wiraniaga, penyalur, kemasan, pajangan di toko), jadi pemasaran yang dilakukan hanya menyampaikan informasi melalui mulut ke mulut. Adapun sistem organisasi terpusat sering digunakan karena perusahaan tidak memiliki banyak jenis dan merek produk untuk diiklankan atau di promosikan. Maka kesimpulannya dalam mempromosikan madu di gampong Buloh Seuma tidak menggunakan metode iklan atau sejenisnya yang dapat mengundang para konsumen untuk membelinya, akan tetapi sebaliknya para penjual madu hanya menginformasikan melalui mulut ke mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Rusnawati, S.Pd,. M.Si 2. Arif Ramdan, S.Sos.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Sistem, Promosi, Madu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Julianti Julianti
Date Deposited: 01 Nov 2018 10:01
Last Modified: 01 Nov 2018 10:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5655

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item