Nora Lisma, 140208006 (2018) Pengaruh Media Virtual Lab terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di MAN 2 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nora Lisma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kegiatan di laboratorium sangat penting pada materi kimia, praktikum merupakan kegiatan ilmiah dari teori yang telah dipelajari, permasalahan yang terjadi pada sekolah MAN 2 Aceh Barat peserta didik tidak bisa melakukan kegiatan tersebut salah satunya pada materi laju reaksi, disebabkan karena keterbatasan alat dan bahan praktikum sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media virtual lab terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media virtual lab pada materi laju reaksi di MAN 2 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen berupa pre-eksperiment dengan desain one group pretest posttest. Data dikumpulkan melalui tes dan angket kemudian data tersebut dianalisis melalui uji Pearson Produc Momen dan uji one sampele t test. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN 2 Aceh Barat dengan jumlah 19 siswa. Hasil uji korelasi Pearson Product Momen diperoleh 0,593 artinya ada hubungan positif yang signifikan antara media virtual lab dengan hasil belajar. Pengaruh media virtual lab terhadap hasil belajar sebesar 35,16% dan sisanya 64,84% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian dapat diketahui bahwa apabila semakin tinggi pengaruh media virtual lab semakin tinggi hasil belajar. Uji one sample t test di peroleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,043 < 0,05 karena signifikansi <0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media virtual lab terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN 2 Aceh Barat. Hasil persentase respon siswa yaitu 85,6% siswa memberikan respon positif (Ya) dan 14,38% memilih respon negatif (tidak). Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa siswa menyukai media virtual lab dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Mujakir, M.Pd.Si 2. Teuku Badlisyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Virtual Lab, Hasil Belajar, Laju Reaksi |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms Nora Lisma |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 09:07 |
Last Modified: | 28 Dec 2018 09:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5677 |