Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan di Sma Negeri 4 Aceh Barat Daya

Lisa Ariyana, 281324836 (2018) Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan di Sma Negeri 4 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan)
Lisa Ariyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 4 Aceh Barat Daya masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan rancangan one-group design pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Aceh Barat Daya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI.IA3 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel paada penelitian ini secara porpusive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa pada saat pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil aktivitas tergolong kategori aktif pada pertemuan pertama 63%, dan pertemuan kedua 76% tergolong kategori sangat aktif, sedangkan nilai rata-rata pre-test yaitu 24,5, dan nilai rata-rata post-test yaitu 82,25. Hasil uji-t menunjukkan thitung (47,33) > ttabel (1,73). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan pembelajaran dengan penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Lina Rahmawati,S.Si.M.Si 2.Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Aktivitas, Hasil belajar, Sistem Pernapasan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods > 006.5 Audio Digital
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lisa Ariyana
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:28
Last Modified: 05 Nov 2018 09:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item
View Item