Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling pada Siswa SLB sekota Banda Aceh

Susila, 140213077 (2018) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling pada Siswa SLB sekota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling)
Susila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (982kB) | Preview

Abstract

Guru BK/ABK adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan konsultasi berdasarkan standar profesi. Apabila guru BK/ABK memiliki keterampilan dalam melaksanakan dan menggunakan teknik-teknik konseling dengan baik maka anak dapat mencegah permasalahan dan mengembangkan dirinya dengan baik pula. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan konseling yang diberikan guru BK/ABK pada siswa SLB Sekota Banda Aceh (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemui oleh guru BK/ABK dalam memberikan layanan bimbingan konseling pada siswa SLB Sekota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Fleld Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun subjek guru BK/ABK Sekota Banda Aceh berjumlah 8 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data. Kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan teknik triangulasi, penentuan lokasi penelitian, penentuan metode penelitian, penentuan sumber data, tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap memberchek, teknik pengumpulan data, analisis dan teknik pemeriksaan data. Hasil penelitian menunjukkan guru BK/ABK melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan cukup baik, karena pada dasarnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk anak berkebutuhan khusus berbeda dengan penanganan anak di sekolah umum. Sehingga dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling lebih pada penggunaan teknik pembelajaran dari anak berkebutuhan khusus itu sendiri. Selain itu usaha yang dilakukan guru BK/ABK ialah mengikuti berbagai pelatihan Pendidikan Luar Biasa, bekerjasama dengan semua pihak sekolah, dan juga BLK (Balai Latihan Kerja) sehingga anak dapat fokus dengan satu kegiatan hingga mahir dengan demikian guru BK/ABK sangat terbantu dalam membantu peserta didik menyelesaikan masalah kehidupannya dan juga mengoptimalkan potensi yang ada pada diri peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Munirwan Umar, M. Pd 2. Muhammad Asri, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sila Susila Sila
Date Deposited: 08 Nov 2018 09:19
Last Modified: 08 Nov 2018 09:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item
View Item