Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Impuls dan Momentum di Kelas X SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie

Miswatul Hasanah, 140204098 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Impuls dan Momentum di Kelas X SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Miswatul Hasanah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran, siswa masih banyak menerima materi pembelajaran dari guru dan tidak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung pasif. Pembelajaran di dalam kelas banyak dilakukan dengan metode ceramah, dan kurangnya fasilitas laboratorium di sekolah membuat pembelajaran fisika jarang sekali mengunakan metode eksperimen. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di kelas X SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa/i SMA Negeri 1 Sakti yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA7 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah digunakan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) diperoleh thitung> ttabel yaitu 8,41>1,67 maka Ha diterima, artinya hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di kelas X IPA SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M.Chalis, M.Ag; 2. Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pendidikan, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswatul Hasanah
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:48
Last Modified: 12 Dec 2018 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5760

Actions (login required)

View Item
View Item