Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang melalui Pendekatan Problem Posing di SMAN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan

Muharil Asyari, 251121389 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang melalui Pendekatan Problem Posing di SMAN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Muharil Asyari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya hasil belajar siswa merupakan dambaan orang tua dan masyarakat. Namun pada kenyataannya tidak demikian, masih terdapat sekolah dengan hasil belajar siswa rendah, hal ini merupakan suatu masalah besar disekolah. Guru sudah maksimal dalam mengajar namum masih belum memadai dan nilai-nilai siswa masih rendah. Pemilihan model yang tepat sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi-materi khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan problem posing pada materi getaran dan gelombang di SMAN 1 Labuhanhaji. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Labuhanhaji dengan sampel kelas X1 dan X3, masing berjumlah 30 orang siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan angket respon. Data dianalisis menggunakan ststistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 86,6 sdangkan kelas kontrol 62,9. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar soswa pada materi getaran dan gelombang di SMAN 1 Labuhanhaji, 2) Respon siswa didapatkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 76,6% dan setuju 23,4% hal ini dikarenakan model pembelajaran problem posing membuat siswa belajar menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Maimunah, M.Ag 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem solving. hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muharil Asyari
Date Deposited: 08 Nov 2018 10:00
Last Modified: 12 Nov 2018 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5766

Actions (login required)

View Item
View Item