Penerapan Model Kooperatif SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Hasbullah, 261324579 (2018) Penerapan Model Kooperatif SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif SQ3R]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif SQ3R)
Hasbullah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif SQ3R]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif SQ3R)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketelitian siswa dan pemahaman konsep-konsep dasar yang dimiliki siswa, hal tersebut terlihat pada hasil tes awal pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Oleh karena itu, perlu diupayakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah SQ3R, langkah-langkah SQ3R yaitu: Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Apakah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif SQ3R lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional? Rancangan penelitiannya quasi eksperiment dengan desain Pretest Postest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar, sampel kelas VII/1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII/3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tulis pemahaman konsep matematika. Dari hasil penelitian menggunakan statistik uji-t diperoleh t_hitung=3,72 dan t_tabel=1,675. Oleh karena t_hitung>t_tabel maka terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa MTsN 1 Aceh Besar yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif SQ3R lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M. Pd 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: SQ3R, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasbullah -
Date Deposited: 15 Nov 2018 10:07
Last Modified: 15 Nov 2018 10:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5824

Actions (login required)

View Item
View Item