Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya

Miftahul Jannah, 140204001 (2018) Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik)
Miftahul Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (866kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang berjalan selama ini hanya sebagian peserta didik yang ikut langsung dan tertarik dalam pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual peserta didik dan tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya. Pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an adalah suatu pembelajaran yang mengaitkan antara konsep fisika dan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (XI IPA4 ) dan kelas kontrol (XI IPA3 ). Data dikumpulkan melalui soal tes, lembar observasi dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 20.0, lembar aktivitas peserta didik, lembar angket tanggapan peserta didik. Pengolahan data soal tes menggunakan SPSS versi 20.0 yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) 0,000, sehingga didapatkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, lembar observasi dan angket menggunakan persentase. Hasil pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an rata-rata telah mampu memberikan pengaruh baik bagi sikap spiritual peserta didik, hasil aktivitas peserta didik juga berpengaruh baik sampai 91,11% dalam kategori sangat baik dan hasil analisis angket tanggapan peserta didik juga mencapai 100% dalam kategori sangat tertarik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan baik sikap spiritual peserta didik pada materi gejala pemanasan global setelah diterapkan pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an, sikap spiritual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Miftahul Jannah
Date Deposited: 22 Nov 2018 09:08
Last Modified: 01 Feb 2019 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item
View Item