Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan raya

Wiwik Setia Wati, 251324470 (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL))
Wiwik Setia Wati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (984kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 3 Kuala masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran, siswa masih banyak menerima materi pembelajaran dari guru dan tidak dilibatkan dalam proses bagaimana materi itu di peroleh melalui fenomenafenomena disekitarnya. Pembelajaran di dalam kelas banyak dilakukan dengan metode ceramah, dan kurangnya fasilitas laboratorium di sekolah membuat pembelajaran fisika jarang sekali mengunakan metode eksperimen. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa/i SMA Negeri 3 Kuala yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah digunakan model PBL diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,11 > 1,68 maka Ha diterima, artinya hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Soewarno, M.Si 2.Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PBL, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wiwik Setia Wati
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:16
Last Modified: 06 Dec 2018 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item
View Item