Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Brain Based Leraning untuk Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs

Indah Purnama Rezeki, 261324592 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Brain Based Leraning untuk Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran)
Indah Purnama Rezeki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM yang harus diberikan kepada peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan observasi awal berupa wawancara pada SMPN 3 Unggul Ingin Jaya, didapati kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Model pembelajaran Brain Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih mengutamakan pada kesenangan dan kecintaan peserta didik akan belajar, sehingga peserta didik dapat dengan mudah menyerap materi yang sedang dipelajari.. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di tiga SMP di kota Banda Aceh, belum tersedia perangkat pembelajaran yang menggunakan model Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kevalidan diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai kriteria sangat baik untuk RPP, LKPD, Bahan Ajar, dan Lembar Evaluasi. Kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan. Selain itu kriteria kepraktisan juga dilihat dari analisis respon guru terhadap perangkat pembelajaran, diperoleh rata-rata 4,71 dengan kriteria sangat baik sehingga dikatakan praktis. Oleh karena itu perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Brain Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Indah Purnama Rezeki
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:36
Last Modified: 06 Dec 2018 09:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item
View Item