Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Yeni Wahyuni, 281324809 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Sistem Ekskresi di SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Yeni Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan model dan media pembelajaran yang belum sesuai dan bervariasi serta kurangnya keterlibatan atau respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Rancangan penelitian ini menggunakan Pre experimental design dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-3, pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket respon siswa dan soal tes. Analisis data respon siswa menggunakan rumus persentase dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa respon siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem ekskresi kelas VIII-3 SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah dikategori baik dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan thitung>ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 15 Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St; 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Respon Siswa, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yeni Wahyuni
Date Deposited: 12 Dec 2018 09:41
Last Modified: 12 Dec 2018 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item
View Item