Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di MAS Jeumala Amal

Nisaul Khaira, 140208186 (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di MAS Jeumala Amal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi)
Nisaul Khaira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (890kB) | Preview

Abstract

Pemasalahan yang dialami siswa pada materi sistem koloid adalah proses pembelajaran yang tidak menggunakan metode demonstrasi dan tidak pernah dilaksanakan praktikum sederhana dengan bahan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode demonstrasi pada materi koloid berpengaruh terhadap hasil belajar dan bagaimana aktivitas siswa kelas XI MAS Jeumala Amal? Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen.Rancangan penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Jeumala Amal, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pemberian soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan menggunakan bantuan software spss versi 16.0, sedangkan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis dari dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) didapatkan nilai rata-rata posttest perbandingannya 78,2 dan 68.8. Hal ini dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis diperoleh taraf signifikansi 5% sehingga thitung > ttabel (4,900 > 2,010) maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kedua kelas. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sebesar 62,5 %, pertemuan kedua sebesar 83,12 % dan pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 88,12 % kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Muammar Yulian, M.Si 2.Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, Hasil Belajar, dan Sistem Koloid
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nisaul Khaira
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:31
Last Modified: 25 Jan 2019 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item
View Item