Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMAN 1 Sakti

Nurul Fahmi, 291121672 (2016) Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMAN 1 Sakti. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa.]
Preview
Text (Membahas tentang penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa.)
Nurul Fahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia , namun siswa beranggapan bahwa pelajaran kimia sulit di pahami dan membosankan. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa tidak tertarik untuk mempelajari kimia , padahal kimia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari. Pertanyaan dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas siswa terhadap pengguaan media pembelajaran animasi pada materi hidrokarbon? Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan media animasi dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media animasi?. Penelitian ini bersifat kuantitatif . Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, dan lembar aktivitas siswa, pengujian hipotesis menggunakan statistik uji –t . Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa dengan rata-rata persentase yang dilakukan oleh dua orang pengamat adalah 90% . Sedangkan hasil tes terhadap hasil belajar siswa , berdasarkan SPSS 20 dimana taraf signifikan α= 0,05 Ternyata memiliki nilai thitung = 3,329 > t tabel =1,671dan P-value <0,05 yaitu 0,01 . Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media animasi memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media animasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Maskur, MA; NIP.- 2. Sabarni, M.Pd; NIP.-
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, Materi Hidrokarbon
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:32
Last Modified: 08 Sep 2017 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item