Peran Bimbingan Islam terhadap Siswa Asuhan di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh

Mohamad Noor Hafiz Bin Nordin, 150402129 (2018) Peran Bimbingan Islam terhadap Siswa Asuhan di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Bimbingan Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Bimbingan Islam)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Bimbingan Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Bimbingan Islam)
Form B dan D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bimbingan Islam terhadap siswa asuhan di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh adalah untuk membentuk kepribadian yang baik dan selaras dengan ajaran yang telah diajarkan di dalam Islam. Oleh karena itu,
bimbingan islam sangat perlu diajarkan dan dilaksanakan supaya siswa asuhan ini dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih positif dan dan mampu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Peneliti dirumuskan dalam bentuk rumusan masalah (1) bagaimana pelaksanaan bimbingan islam terhadap
siswa di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh? (2) apa saja
bimbingan islam yang diajarkan di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh?. Adapun penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islam yang dilakukan terhadap siswa di Panti Asuhan Yayasan
Penyantun Islam Seutui Banda Aceh, dan (2) Untuk mengetahui bimbingan islam yang telah diajarkah oleh pengasuh di Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Seutui Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan dua puluh dua orang siswa asuhan dan tiga orang pengasuh di panti asuhan tersebut. Data penelitian didapatkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini, pelaksanaan bimbingan islam di panti asuhan ini dapat dilaksanaan dengan baik. Pelaksanaannya adalah setiap siswa asuhan akan diajarkan al-Quran oleh ustadz dan ustadzah dan melaksanakan sanksi terhadap siswa asuhan yang melanggar peraturan . Walaupun cuma itu saja bimbingan
islam yang dilaksanakan di panti asuhan tersebut, terjadi perubahan positif dalam membaca al-Quran dan tingkah laku. Hal ini terlihat apabila semua siswa asuhan di panti asuhan tersebut bisa membaca al-Quran dan menghafal beberapa surat
dan berusaha untuk mengikut peraturan yang telah ditetapkan. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak agar dapat bekerjasama demi kelancaran pembinaan bimbingan islam di panti asuhan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Mahdi NK,M.Kes; 2. Juli Andriyani,M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam, Siswa Asuhan, Orang Tua Asuh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Mohamad Noor Hafiz Bin Nordin
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:19
Last Modified: 04 Feb 2019 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item
View Item