Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pairs Checks terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MA

Laila Candra, 261324545 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pairs Checks terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran)
Laila Candra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (892kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang dalam pembelajarannya saling berkaitan satu sama lain. Sehingga, kemampuan pemahaman konsep harus dimiliki siswa. Namun berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong rendah. Oleh sebab itu kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaki, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran pairs checks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pairs checks. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Ulumul Quran dan yang menjadi sampel kelas X-1 dan kelas X-2. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAS Ulumul Quran yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pairs checks lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M.Pd 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Pairs Checks
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Laila Candra
Date Deposited: 04 Feb 2019 04:50
Last Modified: 27 Mar 2019 07:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item
View Item