Pengaruh Model Problem Posing terhadap Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Peukan Bada pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Sulastri, 251324489 (2018) Pengaruh Model Problem Posing terhadap Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Peukan Bada pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Sulastri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA Negeri 1 Peukan Bada, bahwa pada saat proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang aktif merespon guru, siswa tidak mampu berfikir kritis dalam menyelesaikan soal-soal yang guru berikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Problem Posing kelas XI SMA Negeri 1 Peukan Bada pada pokok bahasan Suhu dan Kalor, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap model Problem Posing kelas XI SMA Negeri 1 Peukan Bada pada pokok bahasan Suhu dan Kalor. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Peneliti menggunakan duakelas yaitu kelas XI MIA3 (Kelas Eksperimen) dankelas XI MIA1 (Kelas Kontrol).Pengumpulan data dilakukan melalui Pretest dan Posttest dalam bentuk pilihan ganda, dan angket untuk mengetahui respon siswa.Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Posing berbeda dengan hasil belajar dengan menggunakan model konvensional dapat diketahui dari hasiluji-t maka diperoleh yaitu 2,40 > 2,02)sehingga Haditerima. Model Problem Posing memberikan respon positif terhadap siswa, dapat dilihat dari hasil rata-rata respon siswa dengan presentase 20,5 % yang menjawab sangat setuju dan 35 % yang menjawab setuju. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar fisika siswakelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Peukan Bada ketika diterapkan model Problem Posing. Respon siswa terhadap model Problem Posing pada pokok bahasan Suhu dan Kalor sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bukhari, S.Si, M.T; 2. FeraAnnisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Suhu, Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sulastri Sukardi
Date Deposited: 03 Jan 2019 09:16
Last Modified: 03 Jan 2019 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item
View Item