Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Rahmadani, 251324025 (2018) Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Pendekatan CTL  ada Materi Fluida Statis]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pendekatan CTL ada Materi Fluida Statis)
Rahmadani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis)
Form B dan Form D ..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar, guru di SMA tersebut khususnya guru mata pelajaran fisika masih dominan menggunakan metode ceramah, metode diskusi dan minim menggunakan pembelajaran yang mengait dengan kehidupan nyata peserta didik serta guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat ekspositori. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengaruh pendekatan CTL. Rancangan penelitian adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitiannya Pretest and Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA semester 2 SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Berdasarkan hasil statistik-t diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 3,34  2,00. Jadi dapat disimpulkan dengan Pendekatan CTL dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Respon peserta didik terhadap pengaruh pendekatan CTL dengan pernyataan positif yang menjawab dengan kriteria sangat setuju (SS) 47,82%, setuju (S) 46,71%, tidak setuju (TS) 3,55%, dan sangat tidak setuju (STS) 1,92%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : 1.Samsul Bahri, M. Pd. Sri Nengsih, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmadani
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:59
Last Modified: 21 Jun 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6179

Actions (login required)

View Item
View Item