Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 3 Aceh Besar

Akhyar M. Daud, 20123366 (2018) Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Akhyar M. Daud.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (270kB) | Preview

Abstract

Banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran. Dalam menerapkan model pembelajaran seharusnya guru menerapakannya dengan disiplin supaya hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Fakta di lapangan, khususnya di kelas V pada pelajaran IPS sudah bagus tetapi ada perlu ditingkatkan, terutama dalam pengelolaan pembelajaranya itu, jangan membiarkan siswa di dalam kelas tanpa ada pengawasan guru, karena tidak ada pembimbing membuat suasana kelas menjadi tidak terkendali. Guru merupakan pembimbing dan fasilitator bagi siswa. Hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak tercapai dengan maksimal. Peneliti ingin menerapakan salah satu model yang bisa digunakan dalam pembelajaran, yaitu model Think Talk Write(TTW). Model model Think Talk Write adalah model pembelajaran yang dimulai dengan berfikir dengan bahasa bacaan, hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Talk Write dalam pelajaran IPS di kelas V MIN 3 Aceh Besar.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakankan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 34siswadengan KKM individual 75 danklasikal 75%.Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 3,21(baik) dan meningkat pada siklus II yaitu 3,89(sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 3,15 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 3,94(sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 67,64% dan meningkat pada siklus II yaitu 91,17%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas V MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi, M.Pd; 2. Darmiah, M.A
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhyar M. Daud
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:07
Last Modified: 24 Jan 2019 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6251

Actions (login required)

View Item
View Item