Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya

Nk. Fitri Ernawati, 140208095 (2018) Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya]
Preview
Text (Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya)
Nk. Fitri Ernawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya]
Preview
Text (Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA Negeri 10 Abdya)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (831kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran IPA yang diikutsertakan dalam ujian nasional salah satu materinya adalah bentuk molekul yang sedikit sulit dipahami oleh siswa apalagi jika penjelasan materinya masih kurang menarik. Selama ini proses pembelajaran menggunakan buku paket dan kurangnya penerapan media sehingga adanya media monopoli ini dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media monopoli yang dikembangkan pada materi bentuk molekul di SMA Negeri 10 Abdya, untuk mengetahui respon guru terhadap media monopoli pada materi bentuk molekul di SMA Negeri 10 Abdya dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media monopoli pada materi bentuk molekul di SMA Negeri10 Abdya. Rancangan penelitiann yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, wawancara dan angket yang dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh produk media monopoli dengan persentase validasi media monopoli dari ahi media maupun ahli materi adalah 91,5% dengan kriteria sangat baik. Respon guru terhadap media monopoli sangat baik dengan nilai persentase 95%. Persentase respon siswa terhadap media monopoli adalah 96,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Wardatul Fajriah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan R&D, Model ADDIE, Media Monopoli Materi Bentuk Molekul
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nk. Fitri Ernawati
Date Deposited: 23 Jan 2019 01:56
Last Modified: 23 Jan 2019 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item
View Item