Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsN 2 Banda Aceh

Raudhatul Jannah, 140201169 (2018) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah  Kebudayaan Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam)
Raudhatul Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah  Kebudayaan Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki guru yang menuntut kemampuan untuk memahami peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Kompetensi pedagogik yang berhubungan langsung dengan segenap hal yang terkait dengan pelaksanaan tugas seorang guru sebagai berikut: (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, (2) pemahaman terhadap peserta didik, (3) pengembangan kurikulum/silabus, (4) perancangan pembelajaran, (5) pemanfaatan teknologi pembelajaran dan, (6) evaluasi hasil belajar. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap hasil belajar siswa di MTsN 2 Banda Aceh. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode kuantitatif, dan memakai teknik random sampling, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh dan yang menjadi sampel ialah 27 siswa dari kelas VIII Data dikumpul melalui angket dalam bentuk skala untuk melihat kompetensi pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam (X), dan tes soal pilihan ganda untuk menguji hasil belajar siswa (Y). Kemudian setelah terkumpul data tersebut dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh 0.021 lebih kecil dari 0.05 maka terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa sebesar 19,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Warul Walidin AK. MA 2. Abdul Haris Hasmar, MA
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raudhatul Jannah
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:36
Last Modified: 22 Jan 2019 09:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6298

Actions (login required)

View Item
View Item