Pembelajaran Muhadatsah di Alam Bebas dengan Menggunakan Benda-Benda yang Ada Sekitar Lingkungan di pesantren Al-Zahrah (Bireun)

Rima Misna Rezeki, 140202104 (2018) Pembelajaran Muhadatsah di Alam Bebas dengan Menggunakan Benda-Benda yang Ada Sekitar Lingkungan di pesantren Al-Zahrah (Bireun). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Muhadatsah di Alam Beba]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Muhadatsah di Alam Beba)
Rima Misna Rezeki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Muhadatsah di Alam Beba]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Muhadatsah di Alam Beba)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (997kB) | Preview

Abstract

Peneliti memilih judul ini karena sebagian siswa pesantren Al-Zahrah kurang dalam penguasaan muhadatsah. Dari hasil pengamatan peneliti bahwasanya dipesantren Al-Zahrah selalu melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, hal ini membuat siswa merasa bosan ketika belajar. Ketika siswa merasa bosan maka siswa akan kurang dalam memperhatikan pelajaran, sehingga mereka mengantuk. Dengan demikian tujuan pembelajaran tidak sepenuhnya terwujud, hal ini terjadi pada pembelajaran muhadatsah di dalam kelas sehingga mereka bermuhadatsah dengan percakapan yang terbatas dan tidak bebas. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti mencoba untuk mengajar pelajaran muhadatsah di alam bebas atau diluar kelas dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran muhadatsah di alam bebas dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar lingkungan. Dan untuk mengetahui kemampuann siswa dalam pembelajaran muhadatsah di alam bebas dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar lingkungan.Adapun metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen dengan model (One Grub Pre-Test Post-Test). Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi langsung dan uji tes. Adapun hasil penilitian pembelajaran muhadastah di luar kelas dengan menggunakan benda-benda disekitar lingkungan adalah baik sekali dan mampu meningkatkan kamampuan siswa dalam bermuhadasah. ini terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 92% dan kegiatan siswa sebesar 86%. Dan menunjukkan bahwa hasil uji-T lebih besar dari hasil T tabel 2,04 < 7,25 > 2,76.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Buhori Muslim, MA,g 2. Dra. Maimunah, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Muhadatsah di Alam Bebas, Benda-Benda yang Ada Sekitar Lingkungan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Misna Rezeki
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:23
Last Modified: 22 Jan 2019 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6325

Actions (login required)

View Item
View Item