Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMAN 12 Banda Aceh pada Materi Gaya melalui Metode CRI (Certainty of Response Index)

Rajur Rahma Muna, 251324534 (2018) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMAN 12 Banda Aceh pada Materi Gaya melalui Metode CRI (Certainty of Response Index). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gaya dengan Metode CRI]
Preview
Text (Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gaya dengan Metode CRI)
Rajur Rahma Muna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gaya dengan Metode CRI] Text (Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gaya dengan Metode CRI)
(Form B dan From D).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik tentang materi gaya dan hukum-hukum Newton di kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI-IPA-3 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal tes berbentuk multiple choice (pilihan ganda dengan 5 opsi pilihan jawaban) dengan alasan jawaban peserta didik serta metode Certainty of Response Index (CRI). Berdasarkan analisis kelengkapan data, menunjukkan bahwa untuk setiap indikator terdapat miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi pada peserta didik muncul pada indikator kategori macam-macam gaya dan indikator hubungan gaya aksi-reaksi sebesar 72% dan miskonsepsi terendah pada indikator perhitungan percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, gaya gesek statik dan gaya gesek kinetik sebesar 48%. Hasil analisis dan wawancara secara bebas terpimpin yang telah dilakukan peserta didik mengalami miskonsepsi karena peserta didik tidak memahami konsep secara utuh dan menghubungkan konsep dengan konsep yang lain sehingga mengakibatkan penarikan kesimpulan yang salah. Kurangnya minat peserta didik dalam belajar. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa CRI efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi sedangkan wawancara secara bebas terpimpin dapat mengetahui alasan peserta didik yang menyebabkan miskonsepsi terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Bukhari, M.T 2. Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Gaya, Metode CRI (Certainty of Response Index)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rajur Rahma Muna
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:14
Last Modified: 27 Mar 2019 07:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item
View Item