Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III MIN Bukit Baro II Indrapuri Aceh Besar

Mutia Wati, 201121718 (2016) Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III MIN Bukit Baro II Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPA.]
Preview
Text (Membahas tentang metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPA.)
Mutia Wati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA mempelajari tentang alam semesta, benda-benda yang ada di permukaan bumi, di dalam perut bumi dan di luar angkasa, baik yang dapat diamati maupun yang tidak dapat diamati oleh indera. Melalui pembelajaran IPA siswa dilatih berpikir, mencari tahu, menemukan fakta dari suatu konsep melalui pengamatan dan percobaan. Akan tetapi, fakta yang terjadi di lapangan siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti tidak berani bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada meteri sifat-sifat benda dalam pembelajaran (2) untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan metode inkuiri pada materi sifat-sifat benda. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes (2) lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 45,4% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 86,3%. Untuk hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 76 dengan rata-rata 3,45 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II kemampuan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor 91 dan rata-rata 4,13 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I masih ada beberapa aspek yang belum mencapai kriteria aktif dengan skor 49 dan rata-rata 2,45 dengan kategori kurang baik sedangkan pada siklus II siswa sudah lebih aktif dengan skor yang diperoleh 70 dan rata-rata 3,50 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan metode inkuiri pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat benda siswa lebih aktif dalam belajar, hasil belajar siswa meningkat dan aktivitas guru dalam mengajar pun dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Nurdin Manyak, M. Ag; NIP. 195111231979031005; 2. Syahidan Nurdin, M. Pd; NIP. 198201312014112003
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:12
Last Modified: 12 Sep 2017 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item
View Item