Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Hukum Hooke terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 1 Samatiga

Rahmad Dian Syah, 251324440 (2018) Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Hukum Hooke terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 1 Samatiga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
Rahmad Dian Syah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (613kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik masih rendah pada pelajaran fisika khususnya materi hukum hooke, hal ini sebabkan karena pendidik kurang menggunakan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media animasi. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Pretest-posttest Experimental Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen X-Agribisnis yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas kontrolX-Budidaya yang berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket.Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 3,7> 2,0 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum hooke di SMKN 1 Samatiga. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 82,75% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 71,37%, selain itu juga dapat dilihat dari hasil respon peserta didik terhadap penggunaan media animasi dengan pernyataan positif kriteria Sangat Setuju (SS) 41% dan Setuju (S) 53%Tidak Setuju (TS) 3,8% dan Sangat Tidak Setuju (STS) 2,2%, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria Sangat Setuju (SS) 2,4%, Setuju (S) 7,4%,Tidak Setuju (TS) 53,2%, Sangat Tidak Setuju (STS) 37%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd; 2. Hafizul Furqan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar, Hukum Elastisitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmad Dian Syah
Date Deposited: 25 Jan 2019 10:50
Last Modified: 25 Jan 2019 10:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item
View Item