Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V MIN Rukoh Banda Aceh

Safrida, 201121752 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V MIN Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengkaji tentang penerapan model pembelajaran koeperatif tipe GI.]
Preview
Text (Mengkaji tentang penerapan model pembelajaran koeperatif tipe GI.)
Safrida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dapat membentuk pola pikir siswa menjadi lebih kreatif, kritis, dan logis. Salah satu materi Matematika yang diajarkan di SD/MI adalah menghitung luas trapesium dan layang-layang. Pada proses pembelajaran Matematika, siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Pada saat guru menjelaskan materi menghitung luas trapesium dan layang-layang, siswa hanya menghafal rumus-rumusnya. Ini disebabkan kurangnya pemahaman konsep siswa dan cepat melupakan rumus tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation)? Bagaimanakah aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation)? Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation)? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V2 MIN Rukoh Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation). Tes ini digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Tes yang digunakan berbentuk essay. Kemudian hasil ini dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru meningkat dari 79,16% pada siklus I, meningkat menjadi 97,22% pada siklus II, dan kemampuan siswa meningkat dari 79,68% pada siklus I, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Hasil belajar siswa sebesar 44,73% pada siklus I, dan meningkat menjadi 89,47% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi menghitung luas trapesium dan layang-layang sehingga hasil belajar mereka meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M. Ag; NIP. 197906172003122002; 2. Fajriyah, M. A; NIP. 198203182007012007
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:29
Last Modified: 12 Sep 2017 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item
View Item