Tathbiq SQ3R fi Tarqiyati Maharaatil Kitaabati ‘inda Thalabah Ma’had Darussa’adah Bireuen “Bahthu Tajribi”.

Najamuddin, 221222496 (2018) Tathbiq SQ3R fi Tarqiyati Maharaatil Kitaabati ‘inda Thalabah Ma’had Darussa’adah Bireuen “Bahthu Tajribi”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang SQ3R]
Preview
Text (Membahas tentang SQ3R)
Najamuddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang SQ3R]
Preview
Text (Membahas tentang SQ3R)
From B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (508kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa (Penelitian Eksperimen di Pondok Pesantren Darussa’adah)”. Peneliti memilih Pesantren ini karena kebanyakan siswa tidak mempunyai kemampuan dalam menjawab pertanyaan secara benar, Faktanya dengan memperhatikan nilai pembelajaran siswa belum mencapai pada Derajat nilai yang telah ditetapkan, khususnya pada pelajaran Bahasa Arab. Untuk mencapai hasil pemahaman siswa yang baik dengan adanya Inisiatif guru dalam pembelajaran, seperti menerapkan metode yang sesuai dengan keadaan siswa didalam kelas. Metode SQ3R adalah salah satu metode yang digunakan untuk belajar bahasa Arab, dan alasan untuk memilih metode ini adalah karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks dengan menulis informasi yang diperoleh dari bacaan yang dibaca. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui inisiatif guru di sekolah menengah Darussa’adah Bireuen dalam meningkatkan kemampuan siswa pada menulis, dan untuk mengetahui kemampuan siswa menengah Darussa’adah Bireuen. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian eksperimen (pre-Expremental design). Dan dalam pengumpulan data peneliti memerhatikan secara langsung dan menggunakan tes-tes, peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Adapun populasi penelitian adalah siswa menengah Darussa’adah dengan jumlah 276 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 28 siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan pada kemampuan siswa dalam keterampilan menulis setelah menggunakan metode SQ3R. bahwasanya peningkatan ini terlihat pada nilai T-test lebih besar dari T-tabel (2,05<20,44) maka Ha diterima, atau sesungguhnya Latihan keterampilan menulis dengan menggunakan metode SQ3R meningkatkan siswa dalam menulis, Siswi sangat tertarik dan senang ketika penerapan metode SQ3R, hal ini terlihat melalui respon mereka ketika penerapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Suhaimi, M.Ag 2. Fithriani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tathbiq, SQ3R, Maharah Kitabah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Najamuddin Najamuddin
Date Deposited: 05 Feb 2019 11:58
Last Modified: 11 Feb 2019 08:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item
View Item