Metode Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih

Rosmajida, 211323700 (2018) Metode Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih)
Rosmajida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih)
Form B dan Form D..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB) | Preview

Abstract

Ibnu Miskawaih dilahirkan pada tahun 320 H/ 932 M. Di Rayy, seorang intelektual Muslim pertama di bidang filsafat akhlak.Keahliannya dalam bidang akhlak tersebut dapat dilihat lebih lanjut dalam konsep pendidikan yang dirumuskannya.Pemikiran beliau secara umum menunjukkan pada pemikiran Islam yang membawa perubahan pada akhlak manusia.Gayanya yang menyatukan pemikiran abstrak dengan pemikiran praktis membuat pemikirannnya sangat berpengaruh. Terkadang Ibnu Miskawaih hanya menampilkan aspek-aspek kebijakan dari kebudayaan-kebudayaan sebelumnya, terkadang dia hanya menyediakan ulasan praktis tentang tentang masalah-masalah moral yang sulit untuk diuraikan.Filosofinya sangat logis dan menunjukkan koherensi serta konsistensi.Salah satu gagasannya adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran terlebih dahulu.Karakteristik pemikiran Ibnu Miskawaih dalam pendidikan akhlak secara umum dimulai dengan pembahasan tentang akhlak (karakter/watak). Menurutnya watak itu ada yang bersifat alami dan ada watak yang diperoleh melalui kebiasaan atau latihan.Dia berpikir bahwa kedua watak tersebut hakekatnya tidak alami meskipun kita lahir dengan membawa watak masing-masing, namun sebenarnya watak dapat diusahakan melalui pendidikan dan pengajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia saat ini.Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan buku-buku hasil karya Ibnu Miskawaih dan literatur-literatur buku atau dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama: Metode pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih adalah pendidikan pertama, adanya kemauan yang sungguh-sungguh untuk berlatih terus-menerus dan menahan diri (al- 'adat wa al-jihad) untuk memperoleh keutamaan dan kesopanan yang sebenamya sesuai dengan keutamaan jiwa. Kedua, dengan menjadikan semua pengetahuan dan pengalaman orang lain sebagai cermin bagi dirinya. Kedua: Relevansi pemikiran beliau mengenai pendidikan Islam di Indonesia yaitu kebijakan-kebijakan beliau saat menjabat sebagai filsuf akhlak daripada sebagai cendekiawan muslim yang ahli dalam bidang kedokteran, ketuhanan, maupun agama. Dia adalah orang yang paling berjasa dalam mengkaji akhlak secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Drs. Fuad Mardhatillah, M.Ag 2.Dr. Silahuddin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Akhlak, Ibnu Miskawaih
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosmajida
Date Deposited: 03 Feb 2019 14:48
Last Modified: 03 Feb 2019 14:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6406

Actions (login required)

View Item
View Item