Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V MIN 8 Aceh Besar.

Ikrima Pitri, 140209143 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match)
Ikrima Pitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (573kB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran tentunya harus diterapkan dalam sebuah pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran tematik adalah siswa kurang terlibat aktif. Pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru dikelas kurang efektif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema bendabenda di lingkungan sekitar di MIN 8 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema benda-benda di lingkungan sekitar di MIN 8 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest Ekperimental Control Group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling yaitu kelas Va yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Vc yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian tersebut dikumpulkan melalui (1) lembar observasi aktivitas siswa. (2) Soal tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe make match mencapai skor yaitu 84,2% dengan kategori sangat aktif dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai skor yaitu 56,8% dengan kategori kurang aktif. (2) Hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t yaitu menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dikarenakan nilai thitung ttabel yaitu 3,90 2,02. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di lingkungan sekitar di MIN 8 Aceh Besar. Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D 2. Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Make a Match, Aktivitas Belajar, Lingkungan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikrima Pitri
Date Deposited: 05 Feb 2019 11:06
Last Modified: 05 Feb 2019 11:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item
View Item