Evaluasi Koleksi Bahasa Indonesia terhadap Pemenuhan Informasi Siswa dengan Pendekatan Metode Conspectus di Perpustakaan SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh

Yuyun Nalisma, 140503143 (2019) Evaluasi Koleksi Bahasa Indonesia terhadap Pemenuhan Informasi Siswa dengan Pendekatan Metode Conspectus di Perpustakaan SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Evaluasi Koleksi menggunakan Metode Conspectus]
Preview
Text (Membahas tentang Evaluasi Koleksi menggunakan Metode Conspectus)
Yuyun Nalisma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Evaluasi Koleksi menggunakan Metode Conspectus]
Preview
Text (Membahas tentang Evaluasi Koleksi menggunakan Metode Conspectus)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Koleksi Bahasa Indonesia terhadap Pemenuhan Informasi Siswa dengan Pendekatan Metode Conspectus di Perpustakaan SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedalaman koleksi Bahasa Indonesia di Perpustakaan SMA Labschool Unsyiah dengan menggunakan metode conspectus serta untuk mengetahui apakah kebutuhan informasi siswanya sudah terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi perpustakaan, dan lembaran evaluator. Koleksi yang diteliti dari tahun 2007 sampai 2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 judul koleksi. Mengingat jumlah populasi di bawah 100, maka semua populasi dijadikan sampel. Hasil analisis data dapat diketahui dengan distribusi persentase data, analisis kekuatan dan kelemahan, cakupan kronologis, serta analisis bahasa. Kedalaman koleksi Bahasa Indonesia dari tahun 2007 sampai 2016 yang ada di Perpustakaan SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh didominasi oleh tingkat 1, 2b, dan 1b. Kelas Dewey Klasifikasi yang terkuat ditempati oleh kelas 499.221 yaitu buku Bahasa Indonesia (buku paket) dengan hasil penilaian diperoleh pada aras 1. Sedangkan untuk level terlemah berada pada kelas 499.221 yaitu buku Bahasa Indonesia (buku penunjang) dengan perolehan tingkat 2a. Pemenuhan informasi siswa dikategorikan belum terpenuhi karena dalam lima tahun terakhir pengadaan koleksi Bahasa Indonesia dari tahun 2012 sampai 2016 tergolong ke dalam cakupan yang tidak mutakhir serta masih perlu pengadaan tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Khatib A. Latief, M.LIS 2. Suherman, S.Ag., S.IP., M.Ec
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Koleksi, Metode Conspectus, Pemenuhan Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yuyun Nalisma Yussaini
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:31
Last Modified: 06 Feb 2019 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item
View Item