Penerapan Model Learning Start with A Question untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Lizra Afrilia, 140209025 (2018) Penerapan Model Learning Start with A Question untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Learning Start With A Question]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Learning Start With A Question)
Lizra Afrilia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Learning Start With A Question]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Learning Start With A Question)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (972kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Penerapan Model Pembelajaran Learning Start with A Question Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar”. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penerapan model learning start with a question (LSQ) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara dengan penerapan model learning start with a question (LSQ) pada siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 25 Aceh Besar yaitu sebanyak 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran LSQ. Tes yang diberikan berbentuk essay digunakan untuk melihat hasil belajar siswa dalam ketrampilan berbicara. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Dan hasil belajar siswa sebesar 65% pada sikuls I dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran learning start with a question siswa bisa lebih aktif dan kreatif, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam suatu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi, M.Pd 2. Darmiah, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Model Learning Start With A Question, Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lizra Afrilia
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:26
Last Modified: 08 Feb 2019 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item
View Item