Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Tema 7 Cita-Citaku Kelas IV MIN 9 Banda Aceh

Cut Asma Ulfa, 140209036 (2018) Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Tema 7 Cita-Citaku Kelas IV MIN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Cut Asma Ulfa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa tingkat sekolah dasar mengalami kesulitan pada saat guru memintanya untuk menulis sebuah karangan. Rata-rata siswa tidak mampu menyelesaikan secara baik dan benar dalam menulis sebuah karangan. Karena pada saat proses belajar mengajar, banyak guru yang masih menggunakan model sederhan. Oleh karena itu mengajar dengan menggunakan model sederhana membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Melalui penerapan model Examples Non Examples diharapkan murid dapat belajar aktif dan tidak hanya menerima dari apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga diharapkan mampu melakukan penganalisaan terhadap suatu gambar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas mengajar guru dalam penerapan model Examples Non Examples pada tema 7 “cita-citaku kelas IV MIN 9 Banda Aceh. (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Examples non Examples pada tema 7 “cita-citaku” kelas IV MIN 9 Banda Aceh. (3) Bagaimana keterampilan menulis siswa pada tema 7 “cita-citaku” kelas IV MIN 9 Banda Aceh melalui penerapan model Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada tema 7 cita-citaku kelas IV MIN 9 Banda Aceh, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Examples Non Examples dalam menulis karangan narasi siswa kelas IV MIN 9 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IVB MIN 9 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai 78%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus satu mencapai kategori baik dengan nilai 75% dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I, hanya 11 siswa yang tuntas dengan nilai 40,74 dan tidak tuntas 16 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, 24 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 88,88 dan tidak tuntas 3 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Examples Non Examples dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Azhar, M.Pd 2.Yuni Setia Ningsih, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Keterampilan Menulis Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Asma Ulfa
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:53
Last Modified: 18 Feb 2019 09:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item
View Item