Problematika yang Dihadapi Siswa dalam Memahami Pelajaran Biologi pada SMA Negeri 1 Darussalam

Muhammad Faisal, 280919327 (2016) Problematika yang Dihadapi Siswa dalam Memahami Pelajaran Biologi pada SMA Negeri 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran biologi]
Preview
Text (Membahas tentang kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran biologi)
Muhammad Faisal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Studi kasus yang terdapat di SMA Negeri 1 Darussalam dimana penulis saat melaksanakan program praktek lapangan menemukan hasil belajar yang tidak memuaskan terlebih pada pelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian untuk tahun ajaran 2013/2014, nilai rata-rata siswa pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Darussalam itu rata-rata siswa 50,75 sangat rendah dibandingkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran biologi adalah 70. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam proses belajar biologi pada SMA Negeri 1 Darussalam dan solusi untuk mengatasi problematika siswa dalam memahami pelajaran biologi. Adapun populasi adalah siswa SMA Negeri 1 Darussalam kelas X1, X2 yang terdiri dari 40 siswa, guru, kepala sekolah dan masyarakat. Sampel adalah seluruh populasi dengan teknik pengambilan sampel yang merupakan total sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: dokumentasi tabulasi pemahaman siswa, observasi, angket dan wawancara. Instrumen merupakan lembar observasi, pernyataan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa sebagaian besar siswa mengalami kendala dalam proses belajar mengajar pelajaran biologi. Selain itu kendala dalam menguasai materi juga disebabkan kurangnya motivasi yang diberikan guru dan kurangnya minat dari siswa, sehingga siswa tidak mengerti sehingga menganggap pelajaran biologi itu sulit. Kurangnya fasilitas pembelajaran biologi yang sesuai dengan kurikulum ataupun kurangnya jenis buku bacaan yang tersedia dan orang tua yang tidak atau kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Guru, sekolah dan orang tua belum berperan aktif agar siswa memahami pelajaran, khususnya pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S, NIP. 197610092002121002 2. Eva Nauli Taib, M.Pd, NIP. 198204232011012010
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:29
Last Modified: 24 Jul 2017 09:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item