Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh.

Nurafifah, 140209071 (2019) Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match]
Preview
Text (Membahas tentang Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match)
Nurafifah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match]
Preview
Text (Membahas tentang Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB) | Preview

Abstract

Terdapat sebagian besar siswa kelas IV belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan MIN 11 Banda Aceh yaitu 75. Salah satu faktor yang menghambat pencapaian KKM tersebut adalah kurangnya minat belajar siswa, hal ini menyebabkan hasil belajar rendah. Menurut peneliti hal ini dapat diatasi dengan menggunakan model kooperatif learning tipe make a match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan model kooperatif learning tipe make a match dalam proses pembelajaran pada kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 2). Apakah penerapan model kooperatif learning tipe make a match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 3). Apakah penerapan model kooperatif learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, 2). Untuk mengetahui meningkat tidaknya minat belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 3). Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh dalam penerapan model kooperatif learning tipe make a match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classromm action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa), angket minat belajar dan soal tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Analisis Aktivitas guru menggunakan rumus persentase. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik (76,66%), pada siklus II meningkat menjadi baik sekali (93,75%). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik (73,33%), meningkat pada siklus II berada pada kategori baik sekali (96,87%). Minat belajar siswa pada siklus I sangat setuju (SS) 36,7% setuju (S) 29,8% tidak setuju (TS) 15,6% dan sangat tidak setuju (STS) 13,1%. Pada siklus II meningkat menjadi sangat setuju (SS) 53,8% setuju (S) 16,9% Tidak setuju (TS) 9,9% dan sangat tidak setuju (STS) 15,2%. Analisis hasil belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan tes uji-z. Hasil penelitian mengemukakan bahwa zhitung ≥ztabel yaitu 9,5898 ≥ 1,67. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sangat baik. Minat belajar dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H. Ridhwan M. Daud, M. Ed 2.Al Juhra, S. Sos.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Model Cooperatif learning Tipe Make a Match, Minat dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurafifah .
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:23
Last Modified: 20 Feb 2019 09:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item
View Item