Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Pembelajaran Scramble di Kelas VIII SMPN 3 Simeulue Timur

Dasfirayani, 261020758 (2017) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Pembelajaran Scramble di Kelas VIII SMPN 3 Simeulue Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Meningkat Prestasi Pelajar Matematika dengan Model Pembelajaran Scramble]
Preview
Text (Membahas tentang Meningkat Prestasi Pelajar Matematika dengan Model Pembelajaran Scramble)
Dasfirayani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Meningkat Prestasi Pelajar Matematika dengan Model Pembelajaran Scramble] Text (Membahas tentang Meningkat Prestasi Pelajar Matematika dengan Model Pembelajaran Scramble)
FORM B DAN D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan di tingkat sekolah menegah pertama saat ini adalah pembelajaran yang berpusat pada guru, merupakan salah satu alasan siswa malas belajar matematika, sehingga prestasi belajarnya rendah. Salah satu materi matematika yang banyak prestasi belajar siswanya yang tidak optimal adalah persamaan garis lurus. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar dapat menarik minat siswa dalam belajar matematika seperti model pembelajaran Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal di kelas VIII SMPN 3 Simeulu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Simeulue Timur tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 30 orang terdiri dari 15 orang kelas VIII1 dan 15 orang kelas VIII2. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis yang terdiri dari pretest dan postest. Data nilai pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,40. Dengan derajat kebebasan (dk) =28, taraf signifikan α = 0,5 dan tabel diperoleh t(0,95)(28) = 2,05 artinya thitung > ttabel. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa nilai rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen (VIII1) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol (VIII2). Dengan demikian prestasi belajar matematika siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Scramble lebih dari pada prestasi belajar matematika siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 3 Simeulue Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Johan Yunus, SE, M. Si 2. Kamarullah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Prestasi Belajar, Persamaan Garis Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: dasfirayani Syahrun
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:04
Last Modified: 12 Apr 2019 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item
View Item