Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Yasrina, 140205140 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz)
Yasrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (857kB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, di mana siswa hanya menerima semua yang ditransfer oleh gurunya tanpa ada dorongan untuk berfikir aktif. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran team quiz. Team quiz merupakan salah satu tipe dalam model pembelajaran yang berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar, mengaktifkan siswa untuk bertanya maupun menjawab terhadap apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Model pembelajaran ini berdasarkan pandangan konstruktivis. Model belajar aktif tipe team quiz akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan VII6 sebagai kelas kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh thitung = 1,72 dan ttabel = 1,67 atau thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe team quiz lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Ir. Johan Yunus, S.E., M.Si. 2. Zikra Hayati, S.Pd.I.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Quiz, Hasil belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yasrina .
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:06
Last Modified: 27 Mar 2019 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item
View Item