Kontribusi Kepala Madrasah dalam Memotivasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di MTs. I Samahani

Fira Amrawati, 271223072 (2016) Kontribusi Kepala Madrasah dalam Memotivasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di MTs. I Samahani. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kontribusi kepala madrasah dalam memotivasi kinerja guru bimbingan dan konseling.]
Preview
Text (Membahas tentang kontribusi kepala madrasah dalam memotivasi kinerja guru bimbingan dan konseling.)
Fira Amrawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru bimbingan dan konseling di sekolah MTs. I Samahani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimningan dan konseling, dan dua orang wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada bebrapa langkah yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini membahas tentang kontribusi kepala madrasah dalam memotivasi kenerja guru bimbingan dan konseling di MTs. I Samahani dengan latar belakang permasalahannya yaitu program guru bimbingan dan konselng tidak dijalankan akibat kurangnya motivasi dari kepala madrasah kepada guru bimbingan dan konseling tergadap program layanan bimbingan dan konseling yang mengakibatkan rendahnya kinerja guru bimbingan dan konseling di madrsah MTs. I Samahani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya kepala madrasahdalam pemberian motivasi kinerja guru bimbingan dan konseling dan strategi kepala madrasah dalam pemberian motivasi kinerja guru bimbingan dan konseling di MTs. I Samahani. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya kepala madrasah dalam pemberian motivasi kinerja guru bimbingan dan konseling di MTs. I Samahani yaitu mengenali dengan baik seluruh personil bawahan, baik itu dari segi sikap, tingkah laku, dan pola fikirnya, menyamakan semua kedudukan guru di sekolah, baik itu guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, dan karyawan lainnya, menempatkan setiap guru itu pada keahlian, kemampuan, dan minatnya, membuat strategi. Sedangkan strategi kepala madrasah dalam pemberian motivasi kinerja guru bimbingan dan konseling yaitu membantu setiap guru untuk memproleh informasi yang berkenaan dengan profesinya, memberikan support kepada setiap guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling, memajukan guru-guru yang ada di madrasah dengan berbagai cara di antaranya mengikutsertakan dalam pelatihan dan seminar, memberikan pujian-pijian kepada guru-guru yang memiliki prestasi kerja yang bagus, menjadi contoh bagi guru-guru lain, baik itu berupa disiplin kerja maupun kualitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Drs. Amirul Hadi, MA, Ph.D; NIP. 196201231988021001; 2. Dr. Sri Rahmi, MA; NIP. 197704162007102001
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kepala Sekolah, Motivasi Kinerja, Guru Bimbingan dan Konseling
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2017 03:37
Last Modified: 14 Sep 2017 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item