Penerapan Pendekatan Kontextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan

Rahmi, 140204024 (2019) Penerapan Pendekatan Kontextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Contektual Teaching Learning Terhadap Hasiil Belajar]
Preview
Text (Model Contektual Teaching Learning Terhadap Hasiil Belajar)
PDF GABUNGAN RAHMI.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.PDF]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, disebabkan proses pembelajaran hanya berorientasi pada buku, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dalam memahami kemudian sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen, sedangkan desainnya adalah Quasi Experimen non Equivalen dengan jenis Control Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Bahagia Aceh selatan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposif sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA2 dengan jumlah 24peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA1 dengan jumlah 24peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih meningkat dengan rata-rata 8 dari hasil belajar peserta didik dengan cara konvensional degan rata-rata 67,71 pada materi besaran dan satuan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tabel hitung tt  yaitu 9,91>1,66. Sehingga Ha diterima.Hal ini menunjukkan bahwapenerapan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep besaran dan satuan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didikdi SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Chalis, M.Ag 2. Rusydi, ST, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran, Contextual Teaching and Learing, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmi 140204024
Date Deposited: 12 Jun 2019 05:08
Last Modified: 12 Jun 2019 05:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item
View Item