Indetifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Konsep Fluida Statis di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh

Suri Wahyuni, 140204033 (2019) Indetifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Konsep Fluida Statis di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi MIskonsepsi Peserta Didik]
Preview
Text (Identifikasi MIskonsepsi Peserta Didik)
Suri Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D - Suri Wahyuni.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Suri Wahyuni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserrta didik tentang materi tekanan hidrostatis dan hukum Archimedes di kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA-3 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan 5 opsi pilihan jawaban dengan alasan jawaban peserta didik yang menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index). Berdasarkan analisis kelengkapan data, menunjukkan bahwa untuk setiap indikator terdapat miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi pada peserta didik muncul pada indikator Menjelaskan tekanan hidrostatis sebanding dengan massa jenis benda Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kedudukan benda yang tercelup dalam fluida sebesar 60% dan miskonsepsi terendah pada indikator mendeskripsikan tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh kedalaman benda sebesar 33%. Hasil analisis dan wawancara secara bebas terpimpin yang telah dilakukan peserta didik penyebab terjadinya miskonsepsi adalah peserta didik itu sendiri karena tidak memahami konsep secara utuh dan kurangnya minat peserta didik dalam membaca dan belajar. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa CRI efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi sedangkan wawancara secara bebas terpimpin dapat mengetahui alasan peserta didik yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed. 2. Rahmati, M.pd.
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Fluida Statis, Metode CRI (Certainty of Response Index)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Suri Wahyuni
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:52
Last Modified: 12 Jun 2019 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item
View Item