Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar

Lainatussifa, 271324781 (2017) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Sikap Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas Tentang Sikap Belajar Siswa)
Lainatussifa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk sikap belajar siswa adalah gurubimbingan dan konseling memberikan segala informasi dan layanan tentang sikap belajar siswa. sikap belajar siswa merupakan perasaan senang dan tidak senang terhadap materi yang diajarkan maupun guru yang mengajar. kenyataan di lapangan masih banyak siswa-siswi yang mengalami masalah belajar terutama pembentukan sikap belajar. tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk sikap belajar siswa dan untuk mengetahui langkah-lngkah apa saja yang harus ditempuh guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan sikap belajar siswa di SMA NEGERI 1 Darussalam Aceh besar. penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling, satu orang guru mata pelajaran dan lima orang siswa. teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data yang dilakukan dengan triangulasi data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama peran guru bimbingan dan konseling sudah membentuk sikap belajar siswa berdasarkan permasalahgan belajar yang dihadapi siswa dengan cara memberikan informasi penting tentang sikap belajar siswa. mengarahkan siswa, menjadi mediator, dan fasilitator untuk membentuksikap belajar siswa, dan memberi tontonan vidio tentang motivasi untuk membentuk sikap belajar siswa yang positif, guru bimbingan dan konseling berkerja sama dengan dewan guru pengajar dan staf yang ada di sekolah untuk membentuk sikap belajar siswa yang lebih baik sehingga siswa dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya, guru bimbingan konseling selalu mengontrol siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. langkah-langkah guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan sikap belajar siswa seperti mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data sikap belajar siswa yang kurang baik, menganalisis data siswa yang mengalami permasalahan dengan sikap belajar, mencari tau faktor-faktor yang menyebabkan siswa tersebut mengalami permaslahan dengan sikap belajar yang kurang baik bagi siswa yang bersangkutan, menerapkan langkah-langkah yang sudah ditempuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fatimah Ifda, M.Si; NIP.- 2. Lalitussaadah, M.Pd; NIP.-
Uncontrolled Keywords: Guru, Bimbingan Konseling, BK, Sikap Belajar Siswa, SMP N 1 Darussalam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms LAINATUS SIFA
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:14
Last Modified: 15 Sep 2017 08:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item