Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP

Nurlatifah, 140205036 (2019) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B DAN D NUR.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D NUR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of NURLATIFAH.pdf]
Preview
Text
NURLATIFAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Menurut Polya pemecahan masalah merupakan sebagai usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan, mencapai tujuan yang tidak dengan segera dapat dicapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan matematika adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan model Project Based Learning dan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model Project Based Learning dengan yang diterapkan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretest-postest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t independen, kriteria pengujian yang berlaku adalah tolak H0 jika diperoleh, thitung > ttabel, karena didapat thitung = 5,45 dan ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa 5,45 > 1,68 sehingga H0 ditolak atau terima H1, berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan model Project Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M.Pd 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: nur latifah cibro
Date Deposited: 15 May 2019 03:57
Last Modified: 15 May 2019 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item
View Item