Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh

Nurul Hayatun Nufus, 261222885 (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Nurul Hayatun Nufus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran] Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru di dalam kelas belum dapat memaksimalkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional, yaitu guru yang menjelaskan materi sedangkan siswa hanya memperhatikan dan mengikuti contoh yang diberikan oleh guru. Rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa juga disebabkan oleh pembelajaran yang diberikan oleh guru yang hanya berisi contoh dan soal latihan rutin serta siswa yang kurang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Lalu dicarilah alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam aktivitas pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan agar penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes siklus I, tes siklus II, lembar observasi kemampuan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data dari hasil tes dan lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan yaitu berupa tindakan pemberian masalah yang berbentuk soal cerita, kemudian siswa diminta untuk menyelidiki masalah tersebut dalam kelompok belajarnya lalu hasilnya dipresentasikan oleh siswa. Guru merevisi kegiatan pembelajaran dalam RPP berdasarkan hasil refleksi disetiap siklusnya, sehingga didapat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I sebesar 55,02%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Jadi, dapat dikatakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah ini bisa diterapkan dalam pembelajaran baik dalam pelajaran matematika maupun dalam pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes; 2. Suhartati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajara Berbasis Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Hayatun Nufus
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:54
Last Modified: 22 Apr 2019 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7184

Actions (login required)

View Item
View Item