Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Labuhanhaji

Osy Fitriani Aristi, 140204053 (2019) Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B dan FORM D OSY FITRIANI ARISTI.pdf]
Preview
Text
FORM B dan FORM D OSY FITRIANI ARISTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif)
OSYY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di kelas X1 SMA Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan terlihat bahwa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal fisika yang dihadapi oleh siswa salah satunya disebabkan karena gurunya jarang melibatkan siswa secara langsung dalam persentase kategori kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Labuhanhaji dalam Mengingat, Memahami, Mengaplikasi, Menganalisis, Mensintesis, dan Evaluasi materi Hukum Newton. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Labuhanhaji kelas X1 dengan jumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif. Instrument yang digunakan soal yang berbentuk pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas oleh para ahli. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian tentang analisis kesulitan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Labuhanhaji dalam Mengingat, Memahami, Mengaplikasi, Menganalisis, Mensintesis, dan Evaluasi materi Hukum Newton dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan pada ranah kognitif tingkatan C1 (pengetahuan), dan C3 (Penerapan). Sedangkan pada C2 (memahami), C4 (analisis), C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi) tidank terjadinya peningkatan atau persentasenya 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof.Dr.Jamaluddin Idris, M.Ed 2. Mulyadi Abdul Wahid, M.sc
Uncontrolled Keywords: Ranah Kognitif, Kesulitan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Osy Fitriani Aristi
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:32
Last Modified: 25 Apr 2019 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7284

Actions (login required)

View Item
View Item