Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengukuran di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga

Maina, 140204085 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengukuran di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran numbered head together pada materi pengukuran]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran numbered head together pada materi pengukuran)
Maina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Dalam pengamatan di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga pada kelas X MIA2 diperoleh permasalahan bahwa kebanyakan peserta didik tidak hanya kurang dalam memahami mata pelajaran fisika, tapi juga kesulitan memahami materi yang diajarkan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga peserta didik tidak memahami materi dan berakibat pada rendahnya hasil belajar yang didapatkan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi kembali, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi pengukuran untuk. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan mengetahui respon peserta didik terhadap model Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Partisipan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan peserta didik, soal tes (pretest dan posttest) dan angket respon peserta didik. Hasil pengumpulan data didapatkan lebih tinggi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi pengukuran. Nilai aktivitas guru siklus I 71,67% (cukup), siklus II 81,67% (Baik) dan siklus III 97,50% (Sangat Baik) dan aktivitas peserta didik siklus I 69,17% (cukup), siklus II 78,33% (Baik) dan siklus III 91,67% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik siklus I 85% (Tuntas), siklus II 85% (Tuntas) dan siklus III 89% (Tuntas) serta respon peserta didik positif. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbred Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Khairiah Syahabuddin, MHSc.ESL., M.TESOL., Ph.D 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Hasil Belajar, Pengukuran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Maina Maina
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:43
Last Modified: 25 Apr 2019 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item
View Item